Rabu, 23 Januari 2013

UDANG SUNGAI DESA BUKIT SEGALOH


UDANG
Udang atau dalam bahasa dayak lebang "Unakng'' Merupakan jenis seafut yang banyak di perairan kalimantan terutama sungai Keban dan batang mendang,yang berada diKampung Mendang desak bukit segaloh dan sekitarnya.Udang juga merupakan makanan paporit orang Suku dayak Lebang Nado dan Suku dayak lainNya.Udang-udang yang berada Disekitar sungai kampung Mendang agak berbeda dengan udang-udang sungai-sungai yang besar lainya,Udang disungai tersebut agak berwana hitam,namun apa bila sudah matang warna berubah agak merah,jika disungai lain udang agak berwarna putih.
 jenis udang ini juga ada beberapa jenis kalo yang berukuran besaar dalam bahasa dayak lebang disebut unankng galo.

Dulu dayak menangkap udang tersebut masih mengunakan alat tradisional yang biasa disebut entileng,Entileng ini terbuat dari bahan baku asli Hutan kalimantan yaitu Dapat mengunakan jenis-rotan yang diangap memiliki ketahan dalam air dan tidak mudah rusak. Cara pembuatanNya Pun memerlukan Keterampilan,ketelitian,ketekunan dan keuletan yang cukup tinggi.

Dengan semakin berkembangNya zaman sintem ini kadang sudah zaran digunakan,dikarnakan alat-alat Modern yaitu mengunakan racun. Selain Menyebabkan punahNya jenis-jenis udang tersebut Racun tersebut juga menyebabkan cercemarNya air, yang juga berefek samping bagi jenis Binatang-binatang yang berada di perairan sungai-sungai Borneo tersebut.

Udang yang ada tersebut merupakan jenis seafood yang lezat serta mengandung protein dengan komposisi asam amino esensial yang lengkap. Akan tetapi banyak orang yang merasa takut untuk mengkonsumsi udang karena alasan kandungan kolesterol dalam udang yang cukup tinggi. Padahal mitos itu tidaklah benar, kandungan kolesterol udang tidaklah tinggi.

Adapun udang justru memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan diantaranya:

Mampu menjaga kesehatan kardiovaskular karena kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan  darah.
Udang mampu memenuhi kebutuhan protein dengan asam amino yang mudah diserap oleh tubuh.
Karena mengandung energi yang rendah udang sangat cocok untuk menu diet kita.
Kandungan vitamin didalamnya mampu memaksimalkan berbagai fungsi organ vital tubuh kita.
Udang mampu menjadi antioksidan untuk menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh kita.
Membantu kinerja lebih dari 70 macam  hormon, enzim, dan proses biosintesis.
Memiliki fungsi yang sangat bagus bagi kecerdasan dan pertumbuhan anak karena tingginya vitamin D dan juga B12 serta asam lemak omega 3.
Mampu menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi dengan vitamin D, Kalsium serta Kalium yang tinggi.
Membantu mencegah anemia dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan seng dan zat besi yang tinggi.
Namun udang merupakan bahan makanan yang mudah rusak. Penurunan mutu udang disebabkan oleh reaksi enzimatik, kimiawi, dan mikrobiologis.  salah satu penanganan yang penting adalah tetap mempertahankanya dalam suhu rendah sejak dari tingkap hingga siap untuk diolah menjadi menu favorit.

Jika anda tertarik dengan jenis udang ini Silahkan kunjungi kalimantan atau biasa disebut Borneo,
Hampir semua jenis mahkluk air tawar ada di borneo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar