Rabu, 23 Januari 2013

ASLI IKAN SUNGAI KALIMANTAN


IKAN PEPUYU/IKAN BETOB
Berikut ini adalah ikan yang banyak hidup di perairan sungai di kalimantan..beberapa diantaranya bahkan dijadikan makanan khas masyarakat kalimantan...
1. Ikan Pepuyu/Betob

Ini dia primadonanya, Ikan Papuyu atau bisa juga disebut ikan Betob"Dayak lebag" atau ikan Bethik (jawa). Harga ikan ini paling mahal daripada ikan lain, bahkan disaat langka harga per-kilo nya diatas harga daging sapi. Bentuknya tidak terlalu besar, memiliki duri yang sangat tajam dibagian atas dan bawah, dan tutup insang yang tak kalah tajamnya membuat ikan ini terkesan "galak". Pepuyu/betob sanggup bertahan dan bergerak di darat menggunakan siripnya, bahkan kecepatan berjalanya didarat lebih cepat dari ikan Gabus atau Haruan. Rasa ikan yang gurih dan kremes ketika digoreng adalah alasan mengapa ikan ini diidolakan masyarakat Kalimantan.

Ikan ini pernya menyebabkan kematian dikarnakan Duru pada ada pada tubuh ikan tersebut,
Kecelakaan ini diakibatkan oleh seorang Warga yang terlalu ceroboh,Bisa juga dikatakan memang sudah umur atau terakhirnya napas seseorang.
Dusun Mendang,Desa bukit segaloh kalimantan barat seorang laki-laki meningal akibat mengigit ikan dengan gigiNya,Aksi tersebut dikarnakan sang korban ingin membunuh ikat tersebut,tapi karna ikan tersebut sangat sensitif dan lincah sehingga sebelum menyentuh gigi sang korban ikan tersebut terlepas dari tangan korban dan ikan tersebutpun masuk ke pernapasan"tengorokan" dalm kondisi hidup,Karna Duri yang tajam dan sangat banyak korban tidak bisa diselamatkan hanya mampu bertahan di perjalanan menuju Rumah sakit.

Pesan Singkat :
Melihatlh keatas untuk Belajar,
Melihatlah kebawah untukmendengar,
Melihatlah sekeliling Anda untuk berhati-hati

kehidupan bukan di ukur dari nafas kita
bukan dengn kekayaan,
bukan cantik/tampan seseorang
tapi kehidupan diukur melalui perbutan kita
Sumber:http://akulahdia09.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Play blackjack online - DrmCD
    Play 청주 출장샵 blackjack online with 경산 출장샵 free spins no deposit required - Play Blackjack online 오산 출장마사지 with DrmCD today! ☝️ 24/7 안산 출장안마 customer support ☝️ 과천 출장샵 24/7

    BalasHapus